E-business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha
Berikut beberapa model-model yang ada dalam e-business:
Brokerage Model (Saham)
Broker atau penanam saham adalah market-makers (pembuat pasar), mereka membawa para pembeli dan penjual secara bersamaan dan memudahkan transaksi-transaksi yang dilakukan. Para broker memainkan bagian yang paling sering digunakan dalam pasar business-to-business(B2B), business-to-consumer(B2C), atau consumer-to-consumer(C2C). Biasanya seorang broker menarik komisi atau biaya untuk setiap transaksi dan perhitungan untuk tiap biaya atau komisi bisa berbeda-beda. Model dari brokerage meliputi:
• Marketplace Exchange : menawarkan ruang service yang luas untuk menutupi proses transaksi, dari penaksiran harga pasar hingga negoisasi dan kesepakatannya.
Contoh : Orbitz, ChemConnect
• Buy/Sell Fulfillment : membuat customer membeli atau menjual sebuah produk atau jasa, termasuk harga dan pengirimannya.
Contoh : CarsDirect, Respond.com
• Demand Collection System : merupakan model dengan nama paten “name-your-price” yang dipelopori oleh Priceline-com. Pembeli yang prospektif membuat tawaran terakhir untuk menspesifikasi produk atau jasa, dan broker yang memenuhi.
Contoh : Priceline.com
• Auction Broker : memimpin pelelangan untuk para penjual (baik secara individu maupun pedagang besar). Broker menarik biaya atau komisi berdasarkan dari nilai transaksi yang dihasilkan. Pelelangan sama dengan istilah menjual barang tertentu dengan harga yang tawaran yang meninggi.
Contoh : eBay
• Transaction Broker : menyediakan mekanisme pembayaran third-party untuk para pembele dan penjual untuk menetapkan atau memutuskan sebuah transaksi.
Contoh : PayPal, Escrow.com
• Distributor : operasi catalog yang menghubungkan sejumlah besar produk jadi sesuai keinginan pembeli. Broker memudahkan transaksi bisnis antara distributor franchise dan pasangan penawar.
• Search Agent : sebuah agen software atau “robot” yang digunakan untuk mencari harga dan berapa banyak produk atau jasa yang dibutuhkan yang dispesifikasikan oleh pembeli, atau mencari informasi mengenai produk atau jasa tersebut.
Contoh : MySimon
• Virtual Marketplace : sebuah virtual mall.
Contoh : Amazon.com
Advertising Model (Periklanan)
Merupakan model media broadcast tradisional. Broadcaster, dimana disini adalah sebuah web site, yang biasanya menyediakan secara gratis (seperti e-mail, chat dan forum) bercampur dengan pesan-pesan iklan dalam bentuk banner. Iklan banner bisa jadi merupakan major atau sumber dari broadcaster. Model dari advertising meliputi:
• Portal : biasanya berupa search engine yang melibatkan isi yang variatif atau service.
Contoh : Yahoo!
• Classifieds
Contoh : Monster.com, Match.com
• User Registration
Contoh : NYTimes Digital
• Query-based Paid Placement
Contoh :Google, Overture
• Contextual Advertising
Contoh : Gator, WhenU, eZula
• Content-Targeted Advertising
Contoh : Google
• Intromercials
Contoh : CBS MarketWatch
• Ultramercials
Contoh : Salon bekerjasama dengan Mercedes-Benz
Infomediary Model
Data mengenai consumer dan kebiasannya yang berharga, terutama jika informasi yang diperoleh dianalisa dengan hati-hati dan digunakan sebagai target kampanye marketing. Model dari Infomediary meliputi :
• Advertising Network
Contoh : DoubleClick
• Audience Measurement Services
Contoh : Nielsen//Netratings
• Incentive Marketing
Contoh : Coolsavings, MyPoints, Greenpoints
• Metamediary
Contoh : Edmunds
Merchant
Meliputi seluruh penjual dan retailer dengan barang dan service. Penjualan dapat dibuat berdasarkan daftar harga atau melalui lelang. Model Merchant meliputi :
• Virtual Merchant
Contoh : Amazon.com
• Catalog Merchant
Contoh : Lands’ End
• Click and Mortar
Contoh : Barnes & Noble
• Bit Vendor
Contoh : Apple iTunes Music Store
Manufacturer (Direct) Model
Memberikan predikat pada kekuatan suatu untuk pembuatan sesuatu (contohnya sebuah perusahaan membuat sebuah produk atau service) untuk mencapai pembeli secara langsung dan mengkompresi saluran distribusi. Contohnya Dell Computer, yang meliputi :
• Purchase
• Lease
• License
• Brand Integrated Content
Contoh : bmwfilms
Affiliate Model
Untuk mengumumkan portal yang dicari untuk mengemudikan lalu lintas sebuah site dengan volume tinggi. Model ini menyediakan fasilitas untuk menjelajahi site tersebut. Contohnya adalah Barnes & Noble dan Amazon.com yang meliputi :
• BannerExchange
• Pay-per-click
• Revenue Sharing
Community Model
Model ini berdasarkan kesetiaan user. User memiliki investasi yang tinggi dalam waktu dan emosi. Model ini meliputi :
• Open Source
Contoh : Red Hat
• Public Broadcasting
Contoh : The Classical Station (WCPE.org)
• Knowledge Networks
Contoh : AllExperts
Subscription Model
User ditarik biaya secara periodic, yaitu harian, bulanan atau tahunan untuk membayar biaya service. Model ini meliputi :
• Content Services
Contoh : Listen.com, Netflix
• Person-to-Person Networking Services
Contoh : Classmates
• Trust Services
Contoh : Truste
• Internet Services Providers
Contoh : America Online
Utility Model
Model ini berdasarkan pendekatan pengukuran lamanya penggunaan atau seberapa banyak user membayar. Service pengukuran ini berdasarkan ranking penggunaan yang sesungguhnya. Contohnya yaitu IBM, yang meliputi :
• Metered Usage
• Metered Subscriptions
Contoh : Slashdot.
Manfaat implementasi e-business adalah :
- meningkatkan kinerja operasional perusahaan
- meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang luas
- meningkatkan efisiensi perusahaan
- mempermudah pengolahan aset perusahaan
- meningkatkan kualitas layanan pada pelanggan
- meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder
- mengatasi kesenjangan digital
- media mempromosikan kompetensi perusahaan
- memperlancar transaksi bisnis
- sarana penyebaran informasi secara luas
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Perbedaan e-business dengan e-commerce
e-commerce : mencakup segala kegiatan jual beli dan pertukaran informasi bisnis secara electronik termasuk internet.
e-business : memiliki definisi lebih luas dari e-commerce karena di dalamnya tidak hanya pembelian dan penjualan namun layanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis dan mengelola transaksi elektronik dalam organisasi. atau dapat disimpulkan e-business mencakup segala aktivitas dan aspek yang ada di ecommerce, plus bagaimana cara menjalankan bisnis (proses internal dalam organisasi).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar